Rabu, 25 Mei 2011

High Performing Quality CEO. Indonesian Quality Award

Tumpal Siregar sebagai pembicara pada Seminar Nasional
Kinerja Ekselen untuk Perguruan Tinggi di Auditorium
DIKTI Senayan Jakarta 1 Desember 2010 
Dari hasil assesment IQA Award 2010 menunjukan kenaikan score pada katagori (1) Kepemimpinan berdampak secara signifikan terhadap peningkatan Kinerja Perusahaan secara keseluruhan (Tumpal Siregar direktur eksekutif IQA Foundation). Namun di era yang serba cepat dan kompetitif saat ini, tuntutan-nya  bukanlah hanya sekedar peningkatan melainkan pencapaian yang Optimum dari kemungkinan yang bisa di raih ! Melainkan harus excellence !
"Best saja tidak cukup if Excellence is Possible"! Dan  Langkah  yang paling murah effisen untuk jadi  Chief Excecutive  yang EXCELLENCE adalah liwat Assesment dengan  Baldridge Creteria sebagai tool nya, atau ikut saja dalam IQA Award . Karena hasil assement adalah berupa score dan feedback report yang bisa digunakan sebagai titik awal  bagi  seorang   eksekutif dalam pursuing to be the high performing quality CEO.

Sedikit uraian bagaimana cara methode Baldridge memberi score dan manfaat-nya sbb:
Pengukuran Kualitas Kepemimpinan/ Pemimpin dalam Baldridge dialamatkan kepada cara Pemimipin memandu jalannya Arah Perusahaan, Cara atau  kebijaka dalam   mempertahankan dan meningkatkan (growth)  Perusahaan yang berkelanjutan  , menciptakan  Governance yang  patuh pada hukum yang berlaku dan bagaimana mengelola Corporate Social Responbility_ nya.

Baldridge Kreteria tidak mengajarkan ilmu kepemimpinan atau cara memimpin dengan, juga tidak memberi pendapat bahwa sistem kepemimpinan yang sedang berjalan saat itu salah atau benar, namun Baldridge kriteria hanya  akan mengatakan atas hasil assesmen  diketemukan adanya  "permasalahan atau persoalan"  disistim kepemimimpinan; misalnya!, hanya sampai disitu! Namun justru itulah yang mahal dan sangat strategis dan berharga. Tanpa menggunakan kriteria Baldridge sebagai alat pengukur maka, akan  sulit untuk menemukan dan mengenali "permasalahan atau persoalan" yang terjadi dalam Proses-Proses dan Hasil dalam tubuh organisasi/perusahaan !

Soal cara bagaimana atau dengan apa  memperbaikinya, itu diserahkan kembali kepada Perusahaan/ Aplikan. Karena salah satu  karakteristik Kriteria Baldridge adalah non Prespective, yaitu tidak memberikan resep  atau mengatur bagaimana Organisasi/Perusahaan seharusnya distrukturkan atau dioperasikan. Sebaliknya Kriteria mendorong Organisasi untuk menggunakan pendekatan yang kreatif, adaptif, dan fleksibel, yang akan mendorong perbaikan imkremental dan terobosan melalui innovasi.

Pemimpin/Kepemimpinan akan mendapat nilai tinggi   apabila ; Penjabaran/Aprroach (A) visi dan tata nilai serta program program bisa dilaksanakan dengan sistimatis ter(D)eployment keseluruh jajaran tertata dan terdata secara baik sehingga mudah untuk diulangi kembali sebagai  Pembalajaran/(L)earning , selain itu hubungan antar bagian sub bagian dari satu bagian dengan bagian lainnya baik vertikal horizontal dan diagonal ter(I)ntegrasi secara harmonis ,saling menunjang saling support guna tercapai apa yang dikehendaki perusahaan.(ADLI).

Untuk menjadi CEO yang performance leadership  nya high quality, salah satu kata kuncinya ialah , Baldridge Assesmen, atau ikut saja IQA Award ,  feedback report nya akan mendifinisikan secara jelas permasalahan dan persoalan yang ditemukan sewaktu assesmen dan memuat hal hal yang perlu ditindak lanjuti (OFI Opportunities for Improvement).
Tindak lanjuti saja OFI-OFI-nya, sayang kalau tidak!, karena Perusahaan sudah membayar untuk itu.. Is less cost and it will be the most valuable decition you ever made .

"Highly Quality Performing CEO"  is only steps away !  So simple but so effektif , Percaya saja !!.-  frits i.m

Tidak ada komentar:

Posting Komentar