Minggu, 10 November 2013

Aligment Integration and Synthesis

Winartha
                       Alignment  Integration  Synthesis
                                                                        by  Winartha  
Konsistensi dan Harmonisasi dalam menyelaraskan dan mengintergrasikan "Kebijakan" yang dibuat oleh pimpinan Perusahaan atau Pusat akan mendukung tercapainya sasaran utama organisasi.

Alignment  adalah :                                                     Integration adalah :
   1. Konsistensi dari Perencanaan                                  1. Harmonisasi dari Perencanaan
   2. Konsistensi dari Proses- Proses                              2. Harmonisasi dari Proses- Proses
   3. Konsistensi dari Informasi                                        3. Harmonisasi dari Informasi
   4. Konsistensi Recources decitions                              4. Harmonisasi dari Resources
   5. Konsistesi Hasil                                                      5. Harmonisasi Hasil
   6. Konsistensi Analisa                                                 6. Harmonisasi Analisa

Aligment yang effisien :                                               Integration yang effisien
1. Harus memahami maksud, tujuan  individual                 Bisa dicapai jika komponen kinerja sistem                                                                                                                  manajemen bekerja sebagai unit 
2. Menggunakan ukuran yang tepat.                                yang saling berkaitan secara penuh.             

3. Menggunakan ukuran informasi dari                     
    a. Perencanaan
    b. Analisa
    c. Perbaikan
    Pada tingkatan perusahaan
    Pada tingkatan proses utama                                                      
    Pada tingkatan unit kerja.

Alignment :( kata kuncinya adalah konsistensi) 
Suatu Organisasi dikatakan selaras apabila Kebijakan yang turun dari tingkat yang paling tinggi / pusat dapat dapat dipahami dan diolah serta dikerjakan oleh bagian bagian  dibawahnya sampai ditingkat yang paling bawah. Dimana bagian atau sub bagian akan berproduksi/ bekerja  membuahkan  sesuatu hasil  yang sesuai dengan dari kebijakan. Dan hasil akan  mengalir  dari bawah kembali  meng                                                                                     mengalir keatas atau ke pusat.

Integrasi :( kata kuncinya adalah Harmonisasi )
Adalah terjadinya satu harmonisasi kerja dari unit satu ke unit lainya baik itu bersifat horisontal vertikal atau diagonal, bila ini terjadi maka akan terbangun suatu energi kerja yang positif,  membangun  budaya kerja perusahaan  yang tinggi karena akan menghilangkan atau  memperkecil gesekan- gesekan yang akan menghambat jalannya organisasi untuk tumbuh secara cepat.

Sintesa :
Adapun jalannya proses- proses yang ada dalam suatu sistem baik keharmonisan dan konsistensi nya haruslah dapat dilihat secara transparan, dengan maksud agar cepat menditeksi atau melihat apabila terjadi suatu dis harmonisasi atau dis konsistensi pada proses-proses yang sedang berjalan. Dengan demikian maka tindakan untuk perbaikan akan mudah dilakukan secara terencana. 
"Penyamaan Presepsi" IQAF Examiner IQA 2013
                               




Note : 
Jakarta  November 2013. fts  sumber dari IQA Foundation iqaf.org

http://IndonesianQualityAward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar