"Values", sumber kekuatan Perusahan
(CB Sulistyo Kompas Minggu 12 Mei 2013)
Sayang dalam artikel tidak di ketemukan apa saja elemen- elemen dari Tata Nilai yang dimaksud.
1. Kepemimpinan yang memiliki visi kedepan 2. Keekselenan yang dikendalikan oleh pelanggan.
3. Pembelajaran Keorganisasian dan personal.
4. Pengharkatan Tenaga Kerja dan Mitra.
5. Kegesitan.
6. Fokus pada masa depan.
7. Pengelolaan Inovasi.
8. Manajemen Berdasarkan Fakta.
9. Tanggung Jawab kemasyarakatan.
10.Fokus pada Hasil dan Penciptaan Nilai.
11.Perspektif Kesistiman
Dari ke11 (sebelas) Tata Nilai inilah kemudian disarikan menjad1 7 kriteria yang dikenal dengan "Baldridge Criteria for Performance Excellence" (MBCfPE). Adapun Sistem Perspektif digambarkan dalam bentuk "burger" yang bagian atasnya (seolah payung) adalah Organisasi Profile (OP) yaitu snapshot mengenai falsafah, kaidah hukum serta apa dan maksud tujan perusahaan didirikan.
Kriteria Malcolm Baldridge ini telah diakui oleh Bangsa / Pemerintah Amerika sebagai metode perbaikan kinerja perusahaan yang telah mengembalikan Daya Saing Produk dan Ekonomi yang hampir terpuruk di era tahun 1990 han. Dan dipakai sebagai alat ukur untuk menilai perusahaan dalam Malcolm Baldridge National Quality USA.

Adapun penjelasan lebih detail mengenai ke sebelas Tata Nilai ini dapat di baca dalam buku Kriteria Kinerja Ekselen yang diterjemahkan oleh IQA Foundation sebagai pemegang hak untuk menterjemahkan sekaligus mendistribusikan buku Criteria Malcolm Baldridge.di Indonesia.
(sumber dan judul diatas diambil dari tulisan CB Sulistiyo di harian Kompas minggu 12 mei 2013 dan buku kriteria Kinerja Ekselen (IQA Foundation ) dan http://IndonesianQualityAward.com .- fts
Tidak ada komentar:
Posting Komentar